Water Clock, by Al-Jazari

By A.Riyanto Tuesday, March 20, 2012 0 comments
Salah satu karya sains peninggalan peradaban Islam yang cukup terkenal adalah jam air karya Al-Jazari. Jam air Castil adalah salah satu jam termegah yang disebutkan dalam buku al-Jazari's. Rincian konstruksi dan operasi telah dijelaskan secara eksplisit pada awal l-'amal al Al-Jami 'bayn al-'ilm wa'-Nafi 'fi Sina' di al-hiyal (Sebuah Kompendium tentang Teori dan Praktik Berguna Seni Teknik).

Jam ini memiliki banyak gerakan sepanjang hari, dan akan sangat menyenangkan untuk menonton dan mendengarkan. Dari sudut pandang pengamat, dia akan melihat cakram matahari di ufuk timur akan naik, bulan tidak akan terlihat sama sekali dan enam tanda-tanda zodiak yang terlihat, sedangkan titik pertama dari konstelasi Libra akan ditetapkan.

Bulan sabit terus bergerak dari kiri ke kanan pada dekorasi, dan ketika di antara dua pintu pintu atas terbuka untuk mengungkapkan sosok seorang pria, pintu bawah berputar untuk mengungkapkan warna yang berbeda. Ini akan terjadi karena setiap jam matahari dari sinar matahari telah berlalu. Segera setelah ini terjadi, dua elang akan miring ke depan dan menyebarkan sayap mereka, dan bola akan keluar dari paruh mereka dan masuk ke vas. Pengamat akan mendengar seperti suara simbal, dan kedua elang akan bersandar kembali ke posisi semula dan menutup sayapnya.

Pada titik ketika pintu keenam akan membuka, matahari berada pada ketinggian tertinggi, dan tiga tanda zodiak telah bangkit dari timur, dan tiga lainnya telah menetapkan di sebelah barat. Bulan sabit akan menjadi antara pintu keenam dan pintu keenam dari yang ketujuh terbuka. Sekarang para musisi akan mulai memainkan instrumen mereka. Pengamat itu akan mendengar dan melihat percussionists memukul genderang mereka sangat hidup, dan beberapa saat kemudian pengamat akan mendengar bunyi terompet. Kedua elang masih akan melaksanakan tugas mereka pada jam ini, dan dapat disimpulkan bahwa benturan simbal akan terjadi bersama-sama saat perkusionis mulai memukul drum mereka.

Para musisi akan bermain pada jam kesembilan dan kedua belas. Pada jam dua belas, matahari akan mengatur di ufuk barat, dan semua tanda-tanda zodiak di awal hari akan dipasang juga. Dalam konfigurasi ini, zodiak disk telah diputar pada 180derajat. Pada titik ini akan menjadi awal malam, saat matahari telah ditetapkan.

Semua kekuatan adalah dari reservoir utama, yang merupakan adaptasi terhadap arus keluar clepsydra (Gambar 1). Mengapung di dalamnya menggunakan dua semi-bola dari tembaga disolder bersama untuk membentuk sebuah 'lobak-seperti' bentuk dan reservoir menggunakan empat silinder tembaga dilas bersama-sama dan ketukan ditempatkan di dasarnya. Dua semi-bidang yang disegel dengan lilin untuk memungkinkannya untuk mengapung, tetapi cukup berat untuk daya mekanika jam dengan menuangkan pasir ke dalamnya melalui sebuah lubang di bagian atas. Air terus mengalir keluar dari reservoir dan mengambang akan bergerak ke bawah dengan permukaan air. Gaya akibat berat mengapung 'ditransmisikan seluruh jam melalui tali dan katrol.

Reservoir diisi dengan air yang cukup untuk hari itu, sementara jam-jam yang tidak sama untuk setiap hari. Sebagai pelampung bergerak ke bawah, gerakan linier yang diubah menjadi gerak sudut dan menyediakan sarana untuk memicu berbagai mekanisme sekitar jam bagi pengguna untuk mengamati waktu.Ruang aliran dan regulator yang dapat menyesuaikan jam tidak setara.

Ruang float ditempatkan langsung di bawah keran reservoir utama dan akan mengatur arus keluar dari reservoir (Gambar 2).Tujuannya adalah untuk mempertahankan aliran konstan dari reservoir utama, dengan mengatasi kepala yang selalu berubah dari tekanan. Hal ini dilakukan dengan menggunakan pelampung, yang juga bertindak sebagai sumbat untuk tekan reservoir itu.Karena bentuk seperti plug, jika mengapung di bagian atas ruangan, yaitu ketika ruangan penuh, itu akan menghentikan aliran air dari waduk sementara. Ruangan ini merupakan adaptasi dari sebuah clepsydra inflow dan juga merupakan contoh dari sistem umpan balik. Ruangan ini mempertahankan kepala konstan tekanan dan laju aliran dari reservoir.

Sebuah pengatur aliran terhubung ke dasar ruangan, dan perangkat ini memungkinkan pengguna untuk mengubah tingkat keluar tetapi masih mempertahankan kepala konstan tekanan di dalam ruang pelampung. Memungkinkan pengguna untuk mengubah tingkat keluar dari reservoir utama, jam siang hari dapat disesuaikan sepanjang tahun. Regulator akan memiliki dua belas divisi yang tidak setara (atau tanda) di wajah untuk mewakili setiap tanda zodiak. Lebih lanjut dibagi ke dalam divisi bahkan lebih, dan pembagian ini bertindak sebagai panduan untuk posisi regulator untuk hari tertentu tahun. Melalui proses trial and error, Al-Jazari menyempurnakan desain untuk jam kastil.

Untuk mengatur jam, pengguna hanya harus memutar regulator sehingga onyx akan berada dalam posisi divisi diperlukan. Posisi onyx menentukan gradien hidrolik aliran keluar dari ruangan. Air mengalir keluar dari onyx, dan itu dikumpulkan pada sebuah 'piring'.

Pelat ini adalah bentuknya bundar dengan bibir di sekeliling dan dipasang pada tiang, yang memberikan kebebasan rotasi pusat.Memperluas dari piring adalah cerat sekitar 0.25m panjang. Air dari piring akan mengalir keluar melalui ini dan diarahkan ke sebuah divisi tertentu dari palung katup.

Piring diputar oleh gerakan pintu keenam, kesembilan, dan kedua belas. Tali terpasang antara pintu dan plug in palung katup.

Palung ini terdiri dari sebuah dek atas dan bawah, dan dek atas dibagi lagi menjadi tiga kompartemen yang terpisah (Gambar 3).Dek atas adalah untuk berisi air yang diperoleh dari piring, dan tiga kompartemen sesuai dengan pintu jam keenam, kesembilan, dan kedua belas masing-masing.

Sebuah konektor mencegah mengalir ke dek bawah umum, yang sebelumnya disebutkan terhubung ke angka di belakang pintu.Jadi dalam palung pertama, steker akan melekat pada sosok pintu keenam, yang kedua untuk kesembilan, dan yang ketiga untuk kedua belas. Ketika pintu-pintu ini dilepaskan atau dibuka, mereka drop gambar, dan karena berat memimpin melekat pada angka-angka ini, akan menarik steker diri dan melepaskan air ke dalam kompartemen yang lebih rendah, yang umum untuk semua palung lainnya.

Ketika pasang dilepaskan, hanya telah membatasi gerakan, jadi ini akan membuat tali tegang, dan akan mengarahkan piring untuk deposit air di palung berikutnya, yaitu melalui jam kesembilan dan sebagainya.

Ketika air dibiarkan mengalir ke dalam kompartemen yang lebih rendah, itu akan mengalir keluar dari cerat dan pada air-sendok roda-kecil menyebabkan ia untuk berpaling.

Kincir air ini secara aksial terhubung ke serangkaian Cams dan memberikan gerak untuk lengan musisi '(Gambar 4). Sudah jelas sekarang bahwa para musisi hanya bermain pada jam keenam, kesembilan, dan dua belas siang hari. Para Cams dikonfigurasi dengan cara sehingga musisi bermain dalam sebuah lagu melodi serempak. Cams hanya menyediakan gerak untuk lengan perkusionis ', sebagai dua nafiri tidak bergerak. Penggunaan drum nyata telah bekerja untuk memberikan suara yang lebih otentik.

Sebuah kincir air over-menembak berakhir melalui, dan sehingga air lagi terkandung. Air di palung akan mengalir ke sebuah kapal udara yang pada akhirnya akan mengisi. Ini kapal udara memiliki siphon dan juga di atas adalah sebuah maskapai penerbangan yang terhubung ke suling. Jadi ketika kapal ini diisi dengan air, air akan mulai menyedot keluar dari kapal ke sebuah sumur. Yang menyedot air terjadi lebih cepat dari masuk air, dan menyebabkan perubahan dalam tekanan di dalam kapal. Hal ini akan menarik udara dari luar melalui seruling, dan ini meniru suara nafiri.Seruling ini ditempatkan di dinding dari jam antara dua nafiri, sekali lagi untuk memberikan suara yang lebih otentik.

Sumur adalah akhir dari daya yang dipindahkan oleh air, sehingga transmisi daya dari float sekarang dijelaskan untuk menyelesaikan gerakan internal jam. Sharing is sexy

Related posts

0 comments for this post

Leave a reply