Waspada Tomcat Untuk Tangerang

By A.Riyanto Tuesday, March 27, 2012 0 comments
detail tomcat
Sindonews.com - Dude M.L.mawe (4) warga RT 02/ 06 Kelurahan Margasari, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang diduga terkena serangan Tomcat atau Paederus Riparius saat bermain di kebun dekat rumahnya.

Punggung Dude memerah dan terasa gatal, hingga akhirnya dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang.

“Setahu saya, ia main di depan rumah yang berumput, saat pulang dia mengeluh gatel di kepala hingga menjalar ke punggungnya. Selang beberapa jam kulitnya memerah dan di kepalanya sedikit bernanah,” kata Herlina (30) orang tua Dude mejelaskan, Sabtu 24 Maret 2012.

Karena khawatir anaknya diserang tomcat, Herlina membawa putranya ke Rumah Umum Sakit Daerah (RSUD) Tangerang. Setelah diperiksa ia dibekali resep salep gantamicin dan antibiotik. "Setahu saya obat yang dikasih ini seperti obat untuk pengobatan Tomcat," imbuhnya.

Sementara ketua RT 02/06 Kelurahan Margasari, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Amsin mengatakan wilayah kontrakan korban dulunya adalah tanah kosong yang ditanami rumput-rumput rindang, kemungkinan besar serangga Tomcat memang ada di sana.

Setelah ada warga yang terserang Tomcat, Warga Sumur pancing RT 02/ 06 Kelurahan Margasari, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang melakukan pembasmian Tomcat, Minggu (24/3/2012). Mereka membasmi Tomcat dengan cara membakar rumput dan ilalang yang diduga jadi tempat Tomcat berkembang biak.

Warga pun tampak berkeliling dan dengan teliti mencari serangga Tomcat yang berkarakteristik ke dalam jenis kumbang tersebut tak hanya sudut-sudut ruangan hamparan taman bangunan juga jadi wilayah pencarian.

"Karena sudah ada korban, maka kami harus lebih waspada lagi, agar tak ada korban lain. Untuk itu kami lakukan kerja bakti dan membakar ilalang dan rerumputan yang jadi sarang tomcat," kata Sekretaris Kelurahan Cecep Junaidi Margasari, kecamatan Karawaci, Kota Tangerang.(azh)
Sharing is sexy

Related posts

0 comments for this post

Leave a reply